29/08/11

sekilas ESQ

ESQ (Emotional and Spiritual quotient) adalah keseimbangan emosi dan mental spiritual sehingga menghasilkan pola pikir yang bersumber dari hati nurani yang akan menghasilkan karya-karya out of the box.     

 PENJERNIHAN EMOSI
7         BELENGGU SUARA HATI  PADA GOD SPOT  YANG MEMPENGARUHI POLA PIKIR
1.       Prasangka
2.       Prinsip-prinsip hidup
3.       Pengalaman
4.       Kepentigan
5.       Sudut pandang
6.       Pembanding
7.       Fanatisme
Hati kita sepreti tanah tempat kita bercocok tanam, tanaman adalah ide, visi atau gagasan. Apabilla tanah tersebut sudah tercemar maka tanaman akan rusak dan mati. Ide dan gagasan apabila ditanam di tempat yang kotor maka yang tumbuh adalah tunas-tunas penyakit yang telah tercemar.
Langkah pengenalan hama dan pembersihan hati berguna untuk memperoleh pikiran yang jernih dan suci.
Contoh pembersihan hati yang melahirkan ide cemerlang (out of the box)
Bisnis air minum kemasan botol/gelas plastic merebak dahsyat. Kini sudah ada ratusan perusahaan bergerak dalam bidang tersebut. Pelopornya adalah merk aqua. Sebelum aqua diluncurkan orang tak pernah menyangka bahwa air yang dikemas dalam botol plastic akan menjadi bisnis raksasa. Kala itu banyak orang tak mampu melihat peluang tersebut. Pikiran kita telah terbelenggu oleh tradisi minum di air putih dalam gelas (kaca) bukan gelas plastic atau botol. Tanpa sadar pikiran kita tak lagi merdeka tetapi terbelenggu tradisi.
Kemerdekaan berpikir dengan menyucikan pikiran akan selalu menghasilkan sesuatu yang baru, hal-hal yang out of the box.
7 nilai  dasar spiritual  yang dijunjung tinggi sebagai sebagai bentuk pengabdian manusia kepada sifat Allah  yang terletak pada pusat orbit (God Spot / suara hati) (bersumber dari 99 Asmaul Husna.
1.       Jujur, adalah wujud pengabdian manusia kepada  sifat Allah Al Mukmin.
2.       Tanggung jawab, adalah wujud  pengabdian manusia kepada sifat Allah Al Wakil.
3.       Disiplin, adalah wujud pengabdian manusia kepada sifat Allah Al Matiin.
4.       Kerjasama, adalah wujud pengabdian manusia kepada sifat Allah Al Jaami’
5.       Adil, adalah wujud pengabdian manusia kepada sifat Allah Al Adl’.
6.       Visioner, adalah wujud pengabdian manusia kepada sifat Allah Al Aakhir.
7.       Peduli, adalah wujud pengabdian manusia kepada sifat Allah As Sami’ dan Al Bashir.
2. MENTAL BUILDING
Membangun kecerdasan Emosi (EQ) melalui 6 rukun iman yang menjadi sumber  kebahagiaan dan keberhasilan lahir dan batin dalam hidup.
1.       Prinsip bintang.
99 suara hati (Asmaul Husna) adalah satu kesatuan yang tidak berdiri sendiri secara terpisah. Maka pelajarilah sifat Allah tersebut secara menyeluruh agar kita mampu membangun kecerdasan emosi dan spiritualvyang terintegrasi. Tauhid adalah kepemilikan rasa aman intrinsik, kepercayaan diri yang tinggi, integritas yang kuat, kebijaksnaan dan motivasi yang tinggi. Semua itu dilandasi oleh iman dan dibangun dengan berprinsip hanya kepada Allah serta memuliakan dan menjaga sifat Allah pada diri manusia.
2.       Memiliki prinsip malaikat sehingga selalu dipercaya orang lain.
Malaikat adalah contoh bagi manusia tentang integritas dan loyalitas yang sesungguhnya. Integritas total yang menghasilkan kepercayaan tingkat tinggi. Sebuah aksi akan meciptakan reaksi dan prinsip member akan menciptakan energy kepercayaan. Inilah hokum kekekalan energy bahwa energy yang diberikan tidak akan hilang, ia hanya berubah bentuk.
3.       Memiliki prinsip kepemimpinan yang akan membimbing menjadi seorang pemimpin yang berpengaruh. Pemimpin sejati adalah seseorang yang selalu mencintai dan member perhatian kepada orang lain sehingga ia dicintai. Memiliki integritas yang kuat sehingga ia dipercaya oleh pengikutnya. Memiliki kepribadian yang kuat dan konsisten dan yang terpenting adalah memimpin belandaskan suara hati yang fitrah.
4.       Menyadari akan pentingnya prinsip pembelajaran yang akan mendorong kepada kemajuan.
Memiliki kebiasaan selalu membaca buku dan membaca situasi dengan cermat. Selalu berpikir kritis dan mendalam. Selalu mengevaluasi pemikiran kembali. Bersikap terbuka untuk mengadakan penyempurnaan. Memiliki pedoman yang kuat dalam belajar yaitu berpegang kepada Al Quran.
5.       Dan selalu berupaya menjaga prinsip masa depan sehingga akan selalu memiliki visi
Selalu berorientasi pada tujuan akhir di setiap langkah yang dibuat. Mengoptimalkan setiap langkah dengan sungguh-sungguh. Yakin akan adanya hari kemudian sehhingga memiliki kendali diri dan social, memiliki kepastian akan masa depan dan ketenangan batiniah yang tinggi.
6.       Memiliki prinsip keteraturan sehingga tercipta system mental (EQ) dalam ketauhidan.
Memiliki ketenangan dan keyakinan dalam berusaha karena pengetahuan akan kepastian hokum alam dan hokum social. Sangat memahami akan arti penting sebuah proses yang harus dilalui. Selalu berorientasi pada pembentukan sistem (sinergi)dan selalu menjaga sistem yang telah dibentuk.
Anda ingin tahu siapa diri Anda?
Baru baru ini ditemukan bahwa semua makhluk hidup memilki alphabet basa DNA yang sama yaitu A (Adenine), C (Cytosine), G (Guanine) dan T (thymine) dalam struktur helix ganda DNA, basa A berpasangan dengan T, sedang C berdampingan dengan G. dalam tubuh manusia diperkirakan terdapat 100 trilyun sel ! Dan dalam setiap inti sel terdapat 23 pasang kromosom yang disusun oleh 3 milyar huruf alphabet tadi. Jika DNA dalam setiap tbuh manusia direntangkan maka panjangnya akan melebihi 600 kali jarak bumi dan matahari. Betapa dahsyat dan sempurnanya manusia ciptaan Allah itu-kita.
Jangan remehkan diri Anda karena Anda memiliki modal kemuliaan. Bahkan kalau seluruh computer ditumpuk dimuka bumi ini hingga mencapai bulan pun tidak akan mampu menandingi manusia ciptaan Allah. Jangan sia-siakan kepercayaan-Nya karena kita  dirancang untuk meraih kemenangan.
3. KETANGGUHAN PRIBADI
A. PENETAPAN MISI
Syahadat  akan membangun sebuah keyakinan dalam berusaha, menciptakan suatu daya dorong dalam upaya mencapai tujuan, membangkitkan keberanian antara optimism, sekaligus menciptakan ketenangan bathin dalam menjalankan misi hidup.
B. PEMBANGUNAN KARAKTER
Sholat adalah metode relaksasi untuk menjaga kesadaran diri agar tetap memiliki cara berpikir yang jernih. Sholat adalah suatu langkah untuk membangun kekuatan afirmasi metode yang dapat meningkatkan kecerdasan emosi dan spiritual secara terus menerus. Sholat adalah teknik pembentukan pangalaman yang membangun suatu paradigm positif dan sholat adalah suatu cara untuk terus mengasah mempertajam ESQ yang diperoleh dari rukun iman.
C. PENGENDALIAN DIRI
Puasa adalah suatu metode pelatihan untuk pengendalian diri yang bertujuan untuk meraih kemerdekaan sejati dan pembebasan dari belenggu yang tak terkendali. Puasa yang baik akan memelihara aset kita yang paling berharga yaitu suara hati Ilahiah dan tujuan hidup sesungguhnya.
D. SINERGI
Zakat adalah langkah nyata untuk mengeluarkan potensi spiritual (fitrah) menjadi sebuah langkah kongkret guna membangun sinergi yang kuat yaitu berlandaskan sikap empati kepercayaan, sikap kooperatif, keterbukaan serta kredibilitas.
E. APLIKASI TOTAL
Haji adalah suatu transformasi prinsip dan langkah secara total (thawaf), konsistensi dan persistensi perjuangan (sa’i), evaluasi dan visualisasi serta mengenal jati diri spiritual ketika wukuf. Haji juga merupakan suatu pelatihan sinergi dalam skala yang tertinggi dan haji adalah persiapan fisik serta mental dalam menghadapi berbagai tantangan masa depan (lontar jumroh).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar