30/08/11

Akan jadi kaya harta jika kaya hati

Saya sangat trenyuh setiap kali menemukan kalimat "Lebih baik miskin tapi kaya hati dari pada kaya tapi miskin hatinya". Atau "kaya harta bukan indikator untuk mengetahui seseorang kaya hati atau tidak". Orang kaya harta memang belum tentu kaya hati.Yang mestinya orang yang kaya hati sudah pasti kaya harta. Jadi jangan mengaku kaya hati jika belum kaya harta karena kekayaan harta adalah bentuk yang sempurna dari orang yang kaya hatinya. Mau bukti?
Orang kaya adalah mereka yang hartanya lebih dari cukup, sedangkan kaya hati adalah mereka yang memiliki kebaikan hati di atas keanyakan orang pada umumnya.
Pertama: Dilihat dari teori bisnis, orang yang kaya hati akan otomatis memiliki banyak relasi (jaringan). Banyaknya relasi yang didasari kepercayaan inilah yang menjadi modal utama dalam berbisnis. orang yang kaya hatinya akan banyak dicari sebagai paling tidak partner bisnis.  Kedua : Jika seseorang kaya hati pastilah orang yang bijak. Orang bijak adalah mereka tahu apa yang seharusnya dilakukan dan segera melakukan. Orang yang kaya hati pasti dia tahu apa yang harus dilakukan untuk menyempurnakan hidupnya agar banyak membawa manfaat bagi orang sekitar dan semesta alam. Termasuk juga harus tahu kemampuan apa yang seharusnya dia butuhkan/persiapkan untuk memanage kebaikan  atau kekayaan hatinya. Untuk memenuhi kebutuhan fisik semua orang membutuhkan asupan energi atau nutrisi lain kedalam tubuh kecuali pertapa. Bagaimana mungkin orang yang kaya hati tidak menginginkan kesempurnaannya untuk membantu mereka yang kekurangan gizi agar tercukupi kebutuhan gizinya, bukan saja hari ini tetapi selamanya. Dan jika banyak orang yang mengalami kekurangan gizi tau banyak orang yang membutuhkan makanan, satu-satunya jalan adalah dengan memberikan makanan. Membangun rumah tinggal mereka atau membangun juga rumah ibadah. Jika Anda orang yang miskin harta tetapi kaya hati, berapa lama akan menyelesaikan masalah itu  semua?
Jadi untuk menjadi orang yang kaya hati tidak cuma harus lebih baik dari orang-orang pada umumnya tetapi juga harus bijaksanan. Dan tidak ada orang yang bisa kaya tanpa mempunyai hati yang bijaksana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar