04/10/11

Pesan buat adik-adikku

Waktu terus berjalan. semua akan merasakan yang namanya "tau-tau". Tau-tau selesai sekolah, tau-tau nikah, tau-tau punya anak dll. persiapkan masa "tau-tau" kalian dengan sebaik-baiknya. Tanyakan rencana bijak masa depan sama saudaramu yang lebih tua, para orang tua dan semua orang yang telah merasa terlambat memulai seperti aku ini. 3 atau 5 tahun bukanlah masa yang singkat. rutinitas kerja akan menyalip semuanya tanpa basa-basi. ga terasa dan sangat memaksa.
infestasikan waktu kalian dari sekarang. persiapkan segala sesuatu sebelum benar-benar terlambat. jika dalam 1 tahun ke depan kalian tidak mengalami perubahan dalam pencapaian harus diwaspadai. sangat besar kemunkinan 3 atau 5 sampai 10 tahun kedepan akan sama, statis.
rencanakan kehidupan soial dan finansial serta spiritual yg matang. pencapaian salah satu bidang mungkin mendukung bidang yang lain. jadi dalam setaun kedepan mesti ada perubahan yang berarti diantara 3 hal tersebut.
dalam urusan finansial jangan sekali-kali mempercayakan pada lembaga keuangan sebagai jaminan masa depan. suka atau tidak, percaya atau tidak suku bunga bank tidak akan pernah lebih tinggi dari nilai inflasi. Nabung selain nguntungin mereka juga sangat tidak sehat. infestasi sama tidak amannya ika tidak dibarengi dengan ilmu. tidak ada infestasi yang mengharapkan nilai lebih. itu sama artinya berjudi bahkan haram menurut islam. mungkin termasuk assuransi.
cara paling bijak adalah investasi waktu untuk belajar sistem bisnis jika ingin mempersiapkan masa depan finansial kalian. sisakan waktu minimal 2 jam dalam seminggu. Dari manapun sumbernya, apapun hasilnya persiapan selalu lebih baik. merasalah bodoh, jangan merasa pintar. dengan merasa bodoh kalian tidak akan terlalu banyak berpikir untuk segera ambil tindakan. melangkah meski cuma 1 langkah. tetapi simaklah langkah-langkah kecil yang kalian lakukan setaun kedepan.
hidup ini tidak ada keberuntungan. semua berawal dari usaha. Tuhan memberikan rjeki atas dasar usaha, bukan jatuh dari angit begitu saja. meskipun mungkin kalian tidak pernah tau datangnya rejeki dari mana tetapi usaha yang baik dan berkah akan membawa kepada rejeki yang tidak disangka-sangka. hukum sebab akibat tetap belaku.
jadi adik-adikku...
persiapkan minimal dalam 1 tahun kedepan, apa yang ingin kalian raih maka berusahalah dari sekarang. sekali lagi jangan percaya bahwa ke-karyawanan kalian akan membawa kemakmuran. mungkin keamanan tapi bukan kebebasan.
kemiskinan lebih dekat kepada kekufuran. secukup-cukupnya muslim adalah punya tempat tinggal, punya kendaraan (mobil) dan punya 1 orang pembantu. jadi jangan merasa kaya dengan hanya punya ketiga hal tersebut. itu baru ukuran seminimalnya. apalagi jika kalian belum mampu memiliki salah satunya.
jika dalam setaun atau 2 taun kedepan kondisi finansial kalian masih belum ada perubahan yang berarti, tanpa bermaksud apa-apa mungkin kalian akan mengingat saya. karena saya tengah berupaya untuk merubah semua terus membaik dari waktu ke waktu.
Adik-adikku yang mungkin lupa bahwa kemalasan dan penundaan pekerjaan adalah musuh paling mematikan. Jadi lakukan hal yang bisa kalian lakukan sekecil apapun karena akumulasinya mungkin tidak kalian bayangkan.  contoh jika kalian sehari menghabiskan rata2 sebungkus rokok dalam setaun sama artinya kalian telah mengisap rokok sepanjang tidak kurang dari 1,5 KM dalam waktu 5 tahun. jika dikumpulkan dan ditimpakan ke tubuh kalian sudah mampu meremukkan tubuh kalian.
persiapkan sgala sesuatunya agar menjadi lebih baik karena orang yang siap selalu lebih baik dibanding dengan orang yang tidak pernah mempersiapkan dirinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar